Pahami Arti spesifikasi kaca film (VLT UVR IRR TSER)

Pada produk window film biasanya menyertakan nilai tertentu pada brosurnya, namun kita terkadang tidak tau arti spesifikasi kaca film tersebut. Tidak hanya tingkat kegelapan saja namun ada parameter lainnya yang kadang membuat bingung konsumen awam. Simak artikel berikut agar lebih jelas.

Arti spek kaca film

Spesifikasi Kaca Film

Setiap produsen kaca film pasti memberikan informasi teknis tentang produk mereka. Spesifikasi produk terebut biasanya di sertifikasi oleh pihak ketiga agar hasil pengukurannya valid. Berikut parameter dari spesifikasi kaca film.

VLT ( Visible Light Transmission )

Visible Light Transmission menunjukkan nilai banyaknya cahaya tampak yang dapat masuk ke dalam kabin. Jika nilai VLT ini semakin kecil maka semakin terlihat gelap kaca film tersebut. Semisal anda memasang kaca film dengan tingkat kegelapan 80% biasanya pada spek produk kaca film tersebut memiliki VLT sekitar 20%.

UVR ( Ultra Violet Rejection )

UV Rejection (UVR) menunjukan nilai kemampuan kaca film menolak sinar ultraviolet yang masuk kedalam mobil. Untuk nilai pembacaannya semakin besar akan semakin bagus, semisal 90% itu berarti kaca film mampu menolak UV sebesar 90%. Sinar UV ini apabila masuk ke dalam mobil dalam jangka panjang bisa merusak interior seperti bagian dasbor, jok kulit, memudarkan warna  dan serta merugikan kesehatan kulit dan mata bagi penumpang. Untuk kaca film mobil dengan brand premium biasanya mencapai 99% untuk UVR nya.

IRR ( Infra Red Rejection )

Parameter selanjutnya IRR yaitu kemampuan kaca film menolak sinar infra merah, penyebab suhu panas dalam kabin. Untuk pembacaan IRR sama halnya seperti UVR, apabila tertera nilai IRR 70% itu berarti produk kaca film mobil tersebut mampu menolak sinar Infra Merah sebesar 70%.

TSER ( Total Solar Energi Rejection )

TSER yaitu total energi matahari yang di tolak oleh kaca film. Dari penelitian yang dilakukan para ahli, yang mengakibatkan panas pada kabin yaitu Sinar UV sebesar 3%, Sinar IR sebesar 53% dan cahaya tampak (VLT) sebesar 44%. Total Solar Energy Rejected (TSER) adalah metrik yang menggambarkan jumlah total energi matahari (UV + visible light+ IR) yang di halau oleh produk dari kaca film. Semakin tinggi nilai TSER tersebut maka semakin besar panas yang di block oleh kaca film tersebut.

Sudah mengerti bukan? Hubungi Reza Kaca Film Solo untuk informasi selengkapnya kaca film mobil premium dari brand terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.